Macam – macam penyakit indera pendengaranTelinga dan cara penanganya

Macam – macam penyakit indera pendengaranTelinga dan cara penanganya
Penyakit pada telinga
Macam – macam penyakit indera pendengaranTelinga dan cara penanganya

Othematoma
Penyakit ini juga sering disebut dengan penyakit bunga kol, penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetis. Penderita penyakit othematoma tidak memiliki aurikel dan kanal auditori sejak lahir. Penyakit pada telinga yang satu ini ditandai dengan adanya gangguan tulang rawan pada daun telinga dan biasanya disertai pendarahan. Akibat munculnya jaringan yang berlebih pada daun telinga, othematoma menyebabkan bentuk telinga penderita ikut mengalami perubahan.
Neuroma akustikus
Yang kedua adalah neuroma akustikus, ini adalah penyakit tumor yang menyerang sarap penghubung telinga dengan otak. Gejala awal seseorang yang mengalami penyakit neuroma akustikus adalah gangguan pendengaran, telinga berdengung dan juga hilangnya keseimbangan karena penyakit ini juga menyerang otak.
Meniere
Penyakit pada telinga selanjutnya adalah meniere. Meniere merupakan penyakit pada telinnga yang menyerang bagian dalam alat indera ini. Hal ini terjadi karena kantung endolimfatikus mengalami pembengkakan akibat penumpukan cairan yang ada di dalam telinga. Gejala awal yang perlu Anda waspadai adalah tinnitus atau telinga berdengung, gangguan pendengaran serta kepala terasa pusing. Biasanya penyakit ini hanya menyerang satu telinga saja, namun tidak menutup kemungkinan jika kedua telinga juga dapat terserang meniere.
Perikondritis
Perikondritis sebenarnya hampir sama dengan othematoma yaitu penyakit talinga yang menyerang tulang rawan telinga. Namun yang membedakan adalah othematoma disebabkan oleh genetis sedangkan perikondritis disebabkan oleh adanya infeksi. Infeksi tersebut dapat disebabkan karena bisul yang pecah di telinga, luka ataupun gigitan serangga. Penyakit ini biasanya disertai dengan keluarnya nanah dan juga pendarahan di telinga penderita.
Labirintitis
Penyakit pada telinga berikutnya adalah labirinitits. Faktor utama dari penyakit ini adalah gegar otak, alergi dan juga infeksi. Beberapa gejala yang mungkin ditimbulkan akibat penyakit ini adalah vertigo, mual, muntah, pendengaran berjurang dan juga telinga berdengung.
Otitis media
Otitis media adalah penyakit yang menyebabkan telinga bagian tengah mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi disaluran pernapasan seperti di tenggorokan. Virus dan bakteri penyebab infeksi tersebut akan menyebar dan melewati saluran eustachius. Sehingga hal ini akan menyebabkan gangguan berupa peradangan, pembengkakan saluran hingga gangguan pendengaran.
Penanganan Infeksi Telinga

Kunjungi dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk mendapatkan pengobatan.
Bakteri penyebab infeksi akan dihancurkan dengan bantuan antibiotik. Terkadang dokter hanya meresepkan antibiotik berupa obat tetes telinga untuk penggunaan topikal saja.
Pada kasus infeksi yang cukup serius dokter mungkin akan meresepkan antibiotik baik untuk diminum dan antibiotik topikal (obat tetes telinga).
Obat penghilang nyeri digunakan pada kasus dimana pasien mengalami rasa sakit yang cukup hebat.
Bila terjadi pembengkakan pada bagian dalam telinga, dokter biasanya akan meresepkan steroid tetes telinga untuk mengurangi pembengkakan.
Bila terdapat cairan berlebihan yang terbentuk di dalam telinga yang tidak bisa dibersihkan dengan bantuan obat-obatan, dokter akan mengeluarkan cairan tersebut dari telinga dengan melakukan operasi kecil.
Pengobatan Alternatif untuk Infeksi Telinga
Pengobatan bisa jadi tidak dibutuhkan bila infeksi telinga tidak parah sehingga bisa ditangani di rumah dengan bantuan beberapa obat alami.

Berikut 3 pengobatan alternatif yang efektif untuk mengatasi infeksi telinga:

1. Kompres Air Hangat
Kompres air hangat sangat baik untuk mengatasi infeksi telinga tertama pada bayi dan anak kecil.
Ambil semangkuk air hangat,
Celupkan handuk kecil yang bersih ke dalam mangkuk yang berisi air hangat
Peras, kemudian kompres di atas telinga yang sakit
Kompres air hangat harus diulang beberapa kali dalam sehari untuk meredakan rasa sakit pada telinga yang terinfeksi.

2. Tea Tree Oil
Encerkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam air dengan perbandingan yang sama,
Tempatkan campuran ini ke dalam wadah tetes telinga, kemudian teteskan ke dalam telinga yang terinfeksi,
Tunggu selama 5 menit, kemudian memiringkan kepala sehingga cairan di dalam telinga bisa terkuras keluar.
Tea tree oil bermanfaat untuk menghancurkan bakteri dan bisa mengeringkan cairan yang terakumulasi dalam telinga.

3. Bawang Putih
Air perasan bawang putih bermanfaat sebagai antibiotik alami, sehingga dapat digunakan untuk membunuh bakteri yang mengakibatkan infeksi telinga.
Hancurkan satu siung bawang putih segar untuk diekstrak sarinya.
Tuangkan beberapa tetes air sari bawang putih ke telinga yang terinfeksi dengan bantuan pipet.
Lakukan 2 – 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.
Infeksi telinga yang ringan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.
Sedangkan infeksi yang lebih parah bila dirawat dengan baik dan tepat waktu bisa disembuhkan dalam waktu 7 hari.
Namun, jika perawatan yang diberikan tidak tepat, maka infeksi telinga ini bisa mengganggu selama beberapa bulan.



    Lindungi diri Anda dan orang-orang yang disayangi dari macam-macam penyakit telinga dengan rajin memeriksakan kesehatan telinga ke dokter. Sebaiknya selama enam bulan sekali atau minimal setahun sekali.

0 Response to "Macam – macam penyakit indera pendengaranTelinga dan cara penanganya"

Post a Comment

Powered by Blogger.