ZAT YANG TERKANDUNG PADA ROKOK SINGKAT LENGKAP

ZAT YANG TERKANDUNG PADA ROKOK  ANTARA LAIN:

ZAT YANG TERKANDUNG PADA ROKOK SINGKAT LENGKAP

a.       Nikotin  = merupakan cairan berminyak tapi tidak berwarna. Zat ini bias menghambat rasa lapar sehingga menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena menghisap rokok.akibba dari nikotin adalah efek kecanduan atau ketergantungan,merusak jaringan otak,menyebabkan darah cepat membeku serta bias mangeraskan dinding arteri.
b.      Tar  = merupakan cairan kental berwarna coklat tua atau hitam sebagai bahan dasar  pembuatan aspal didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari geta tembakau yang bisa menempel pada paru paru.akibat dari tar adalah menimbulkan iritasi pada paru paru dan tenttu saja bisa menyebabkan kanker paru paru dan kanker lainnya.
c.       Karbon monoksida(co) =semacam gas tidak berbau yg jika terhirup maka akibatnya bisa  menimbulkan  penyakit  jantung karena gas karbon monoksida bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
d.      Akrolein = merupakan zat berbentuk cairan yang tidak berwarna. Zat ini diperoleh dengan mengambil cairan dari gliseril atau dengan mengeringkannya.zat ini mengandung alkohol yang pastinya akan  sangat mengganggu kesehatan.
e.      Ammoniak = merupakan gas yang tidak berwarna namun memiliki bau  yang sangat tajam dan merangsang,terdiri dari nitrogen dan hydrogen.biasa dipakai sebagai bahan pembersih toilet.
f.        Asam format  =merupakan cairan yang ttidak berwarna, namun tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh
g.       Hydrogen sianida = merupakan gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasa.biasa dipakai untuk membunuh tahanan.
h.      Nitrous oxide =merupakan gas yang tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya perimbangan dan membuat rasa sakit .dibuat untuk pembius pada saat operasi.
i.         Formaldehyde = merupakan gas yang tidak berwarna  dan berbau tajam.gas ini dipakai untuk pengawet dan pembasmi hama.
j.        Phenol =merupakan zat yg terdiri dari campuran Kristal yg dihasilkan dari distilasi zat zat organik,  misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzim.
k.       Acetol = merupakan zat hasil dari pemansan aldehide dan akan menguap dengan alcohol.
l.         Hydrogen sulfide =merupakan zat yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oksidasi enzim.
m.    Metal klorida = merupakan campur zat zat bervalensa satu atas mana hydrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
n.      Methanol = merupakan cairan rimgan yg mudah menguap dan terbakar.jika diminum dan diisap dapat berakibat  pada kebutaan dan kematian.
o.      Cadmium = merupakan zat yg dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal.kadmium adalah salah satu jenis logam berat yg berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi tterhadap pembuluh darah.
p.      Acetaldehyde = merupakan bagian dari karsinogen  yg bisa jadi penyebab kanker. Zat ini bertindak sebagai penyebab irirtasi pada kulit dan mata, serta saluran pernafasan.
q.      N-nitrosamines = kandungan zat ini bisa menyebabkan alat reproduksi kita rusak.
r.        1,3-butadiene = zat ini mengandung teratogen (zat yg bisa membuat cacat) manusia,bersifat karsinogen pd manusia, bisa mengiritasi mata dan telinga,dan mengiritasi saluran pernafasan  bagian atas.
s.       Benzene = bersifat karsinogen dan bisa meruka tulang umum, membahayakan organ reproduksi serta menurunkan jumlah sel darah merah dalam darah.
t.        Aromatic amine = selain bersifat karsinogen, zat ini juga selalu dikaitkan dengan kanker saluran pencernaan.
u.      Polyaromatic = kandungan ini dapat mempengaruhi alt reproduksi disamping juga mengandung karsinogen dan DNA mutagen.
v.       Kromium = merupakan logam yg sudah terbukti mengakibatkan kanker. Kromium menempel pada DNA serta merusaknya, sehingga berbahaya untuk kesehatan.
w.     Naftalena = bahan kapur barus yg berfungsi untuk mengusir serangga attaupun tikus dari pakaian.
x.       Timbal =  merupakan karsinogen, keneikan kadar timbal  pada darah bisa mengakibatkan keracunan, terlebih lagi bisa mengakibatkan kematian.
y.       Kumarin = merupakan zat adiktif organic pd bahan makanan yg sekarang  sudah dilarang oleh standar dunia.tetapi zat ini masih digunakan dalam pembuatan rokok.





BEBERAPA PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH KANDUNGAN ZAT DALAM ROKOK  ANTARA LAIN :
a.       Kanker kandung kemih = berdasarkan hasil riset ditemukan bahwa kadar yang inggi dari senyawa 2-naphthylamine dalam rokok menjadikan zat karsinogen  ini menimbulkan kanker kandung kemih.
b.      Kanker payudara = berdasarkan hasil studi menunjukan bahwwa wanita yg mulai merokok pada usia 20 tahunan dan 5 tahun selama sebelum ia hamil pertama kali, maka sangat beresikolebih besar terkena kanker payudara.
c.       Kanker serviks = begitu juga sekittar 30% kematian pada penderita kanker serviks, disebabkan oleh rokok karena kaum perempuan yg merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual.
d.      Kanker kerongkongan = hasil studi menunjukan bahwa asap rokok bisa merusak DNA dari sel sel esophagus sehingga mengakibatkan kanker kerongkongan .
e.      Kanker pencernaa = asap rokok yg masuk lewat pernafasan terkadng ada sebagian yg masuk dan tertelan  pada saluran makanan sehingga  mengakibatkan  risiko terkena kanker pencernaan
f.        Kanker ginjal = semua zat berbahaya akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan perubahan denyut jantung,pernafasan sirkulasi dan tekanan darah .
g.       Kanker mulut = semua zat berbahaya di dalam rokok akan kontak langsung dengan mulut sehingga menimbulkan kanker mulut.
h.      Kanker tenggorokan = asap rokok yg terhirup melewati tenggorokan, karenanya jelas bahwa kanker tenggorokan ini dipacu akibat rokok.
i.        Serangan jantung =nikotin akan  mengakibatkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.
j.        Penyakit jantung koroner = umumnya penyakit jantung koroner terjadi disebabkan oleh rokok dan akan tambah parah jika memiliki penyakit lain yg menyertainya seperti penyakit gula.
>      Kanker tenggorokan = asap rokok yg terhirup melewati tenggorokan, karenanya jelas bahwa kanker tenggorokan ini dipacu akibat rokok.

i.        Serangan jantung =nikotin akan  mengakibatkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.
j.        Penyakit jantung koroner = umumnya penyakit jantung koroner terjadi disebabkan oleh rokok dan akan tambah parah jika memiliki penyakit lain yg menyertainya seperti penyakit gula.

0 Response to "ZAT YANG TERKANDUNG PADA ROKOK SINGKAT LENGKAP"

Post a Comment

Powered by Blogger.