Fungsi Pancasila Singkat Lengkap

Menjelaskan fungsi Pancasila




                    Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia
                    Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur penyelenggaraan suatu negara.Dengan tujuan,Pancasila sebagai dasar negara diperoleh dari alenia keempat Pembukaan UUD 1945 .

                    Pancasila sebagai pandangan hidup(way of life)
                    Petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia baik dari segi sikap maupun perilaku masyarakat Indonesia haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai luhur pancasila,menata kehidupan diri pribadi,menata hubungan antara manusia dengan masyarakat dan manata hubungan antara manusia dengan alam sekitar.

                    Pancasila sebagai jiwa bangsa
                    Pancasila merupakan jiwa bangsa yang lahir bersamaan dengan adanya atau terbentuknya bangsa Indonesia,yaitu pada jaman Sriwijaya dan Majapahit.

                    Pancasila sebagai kapribadian bangsa
                    Fungsi satu ini dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sikap mental maupun tingkah laku,kepribadian yang dimaksud adalah ciri khas yang mencerminkan kepribadian sendiri sehingga mampu dibedakan dengan bangsa lain.

                    Pancasila sebagai sumber hukum
                    Pancasila sebagai sumber hukum Indonesia,yang berwujut di dalam negara tertib hukum.Yang artinya segala peraturan perundang- undangan yang ada di Indonesia harus bersumber Pancasila.

                    Pancasila sebagai cita-cita bangsa
                    Cita-cita bangsa Indonesia,yaitu rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu,berdaulat,adil dan makmur.

                    Pancasila sebagai perjanjian luhur
                    Pancasila sebagai perjanjian luhur artinya Pancasila merupakan keputusan akhir bagi bangsa Indonesia.Perjanjian luhur itu telah dilakukan pada 18 Agustus 1945,yaitu pada saat PPKI telah menerima Pancasila dan Penetapan dasar negara sebagai sistem moral dan etika.

0 Response to "Fungsi Pancasila Singkat Lengkap"

Post a Comment

Powered by Blogger.