Daur Hidup Kecoa Singkat dan Daur Hidup Kucing

Daur Hidup Kecoa
Kecoa atau lipas betina bertelur dalam jumlah banyak yang diletakkan di permukaan tanah atau pada tumpukan sampah. Telur kecoa menetas menjadi anak kecoa yang disebut nimfa. Nimfa memiliki bentuk yang mirip dengan induknya. Kemudian nimfa menjadi kecoa dewasa. Karena perubahan bentuknya tidak mengalami tahap kepompong, maka kecoa disebut mengalami metamorfosis tidak sempurna. Serangga lain yang mengalami metamorfosis tidak sempurna antara lain rayap, belalang, dan walang sangit.
Daur Hidup Kecoa


Mula-mula, telur kecoak akan menetas men jadi nimfa.  Nimfa  ialah  tahapan  tubuh  hewan  muda. Nimfa  pada  kecoak  memiliki  bentuk  tubuh yang hampir  serupa  dengan  kecoak  dewasa,  tetapi ukuran nimfa lebih kecil dan belum bersayap. Dalam perkembangannya, nimfa akan meng -alami pergan tian kulit (ekdisis) berkali-kali hingga menjadi  kecoak  dewasa.  Setelah  dewasa, kecoak  tersebut  akan  bertelur.  Telur  tersebut akan menetas. Tahapan perubahan bentuk akan terulang lagi. Tahap  petumbuhan  pada  kecoak  termasuk pada metamorfosis tidak sempurna. Kecoak tidak mengalami tahap larva dan pupa (kepompong). Tahap  metamorfosis  tidak  sempurna  adalah sebagai berikut.



Daur Hidup Kucing
Banyak hewan dalam daur hidupnya tidak mengalami metamorfosis. Contoh, daur hidup kucing dan daur hidup ayam. Kucing betina akan melahirkan anak kucing, kemudian anak kucing tumbuh menjadi kucing dewasa. Kucing dewasa yang betina akan melahirkan anak kucing.



 Daur Hidup Kucing

0 Response to "Daur Hidup Kecoa Singkat dan Daur Hidup Kucing "

Post a Comment

Powered by Blogger.