Pengertian Batik Cap dan alat batik Lengkap

Pengertian Batik Cap

Pengertian Batik Cap.   Batik Cap yaitu satu diantara type hasil sistem produksi batik yang memakai canting cap. Canting cap yang disebut disini serupa seperti stempel, cuma bahannya terbuat dari tembaga serta dimensinya semakin besar, rata-rata memiliki ukuran 20cm X 20cm.


Langkah dan Cara Pembuatan Batik Cap
Kain mori ditempatkan diatas meja datar yang sudah dilapis dengan bahan yang empuk
Malam di rebus sampai mencair serta dijaga supaya suhu cairan malam ini terus dalam kondiri 60° s/d 70° Celcius
Canting Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam tadi (lebih kurang 2 cm sisi bawah canting cap yang tercelup cairan malam)
Canting Cap lalu di-cap-kan (di-stempel-kan) dengan desakan yang cukup diatas kain mori yang sudah disediakan tadi
Cairan malam bakal meresap ke dalam pori-pori kain mori sampai tembus ke segi lain permukaan kain mori
Sesudah sistem pengecapan pada kain usai dengan beragam gabungan canting cap yang dipakai, setelah itu kain mori bakal dikerjakan sistem pewarnaan, lewat cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang diisi warna yang telah diambil.
Kain mori yang permukaannya sudah diresapi oleh cairan malam, tak lagi terkena dalam sistem pewarnaan ini.
Sesudah sistem pewarnaan, sistem selanjutnya yaitu penghapusan berkas motif cairan malam lewat sistem merebus kain.
Hingga bakal terlihat 2 warna, yakni warna basic asli kain mori yang tadi tertutup malam, serta warna sesudah sistem pewarnaan tadi.
Bila bakal diberikan gabungan pewarnaan lagi, maka mesti diawali lagi dari sistem pengecapan kain hingga sistem perebusan kain.
Hal yang menarik dari batik cap yaitu pada sistem perkawinan warna, lantaran permukaan kain mori yang sudah diwarna pada mulanya bakal diwarna lagi pada sistem pewarnaan selanjutnya, hingga butuh ketrampilan spesial dalam sistem penentuan & perkawinan warna.
Oleh lantaran sistem pewarnaan yang berkali-kali serta menyeluruh pada tiap-tiap pori-pori kain mori, maka warna pada batik cap condong lebih awet serta tahan lama dibanding dengan batik yang lain.
Sistem paling akhir dari pembuatan batik cap yaitu sistem pembersihan serta pencerahan warna dengan soda. Setelah itu dikeringkan serta disetrika.

Ciri- ciri Batik Cap
batik cap memiliki sebagian ciri yang salah satunya yakni :
Warna batik ke-2 iris segi kain yaitu sama
Warna batik lebih mengkilap
Motif tak terlampau detail
Umumnya warna basic yaitu warna tua/gelap








ALAT Untuk Membuat BATIK CAP

    Pada dasarnya alat dan bahan membatik cap dengan membatik tulis hampir sama. Perbedaannya hanya pada alat cantingnya dan wajan. Kalau dalam batik cap digunakan canting yang cara kerjanya mirip dengan stempel. Wajan yang digunakan pada batik cap mempunyai bentuk pipih dan datar, tidak seperti wajan pada batik tulis yang mempunyai bentuk cekung dan bundar.


Canting Cap

Pengertian Batik Cap dan alat batik Lengkap


Kompor dan Wajan Cap


Pengertian Batik Cap dan alat batik Lengkap

Kompor termasuk alat utama dalam proses membatik dengan canting cap maupun tulis. Kompor berfungsi untuk mencairkan atau melelehkan lilin (malam). Selanjutnya pada wajan yang digunakan untuk membatik cap diletakkan kain goni di atas permukaannya, tujuannya agar cairan lilin malam dapat menempel secara merata pada penampang canting cap.


Meja Cap
Pengertian Batik Cap dan alat batik Lengkap

Meja cap yang digunakan dalam membuat batik cap terbuat dari kayu, yang pada bagian permukaan meja dilapisi dengan busa (spoon) yang sudah dilapisi dengan plastik perlak untuk mengoptimalkan hasil cap-capan dan sekaligus menghindari agar malam tidak lengket pada meja maka busa (spoon) harus dalam keadaan basah.

0 Response to "Pengertian Batik Cap dan alat batik Lengkap"

Post a Comment

Powered by Blogger.