Tekhnik Sulam Kain Pengertian sulam Media dan bahan

Sulam Kain
Pengertian sulam
Media dan bahan


1.                   Jarum, Jarum disini sangat penting diperlukan untuk membawa pita menembus kain. Untuk itu pilihlah dan sesuaikan bentuk jarum agar dapat menusuknya dengan mudah tanpa merusak kain. Dan yang paling penting adalah ukuran lubang mata jarum. Jika menggunakan benang pilihlah jarum yg lubangnya cukup untuk memasukan benang (untuk benang akan di terangkan ke tahap berikutnya), misalnya untuk membuat tusuk sulam bullion dan cast on, sebaiknya menggunakan jarum yang panjang dengan bentuk lurus sampai ujung pangkalnya(jenis globe). Ada 2 jenis jarum yg digunakan yaitu Sharp dan Globe, membedakannya jarum sharp meruncing keatas sedangkan globe lebih mendatar.
2.                   Gunting, Gunakan gunting yang tajam agar gampang memotong benang sehingga bisa masuk ke lubang jarum.
3.                   Meteran, ya standar lah
4.                   Karbon, digunakan untuk menjiplak gambar atau pola yang sudah di bikin, gunakan karbon yang berlawanan dengan kain yang digunakan agar kelihatan kalau dijiplak misal: kainnya merah karbonnya putih dan seterusnya deh,
5.                   Jarum pentul, Gunanya untuk menahan kertas pola,karbon dan kain.
6.                   Kertas minyak, Gunanya sebagai tempat untuk menggambar pola yang akan dibuat.
7.                   Pensil jahit, Gunanya untuk menandai atau menggambar motif yang akan dibuat di kain.
8.                   Pensil atau pulpen, Gunanya untuk menekan gambar saat menjiplak di kain
9.                   Pemindangan,untuk mempermudah pengerjaan dan membuat sulaman tidak berkerut sebaiknya bungkus pemindangan dengan pita agar tidak merusak kain dan menarik saat menarik kain lebih kenceng, danbesar kecilnya pemindangan harus disesuaikan dengan seberapa besar bentuk sulaman dan INGAT !!! lepaskan pemindangan jika kamu belum mau melanjutkan sulaman dalam waktu yang agak lama untuk menghindari bahan berkerut,pergunakan lagi pada saat kamu mengerjakan lagi
10.               Plastik kaca,Gunanya agar kertas karbon tidak mudah rusak saat menjiplak.




1.            Siapkan kain/benda yang akan disulam (kain sulaman, baju sulaman)

2. Gambar/jiplaklah pola pada kain

3. Pasang pemidangan dengan memastikan gambar desain ada

4. Siapkan pita dan benang lalu pasang pada jarum

5. Sulamlah sesuai dengan desain. Usahakan gambar desain tertutup oleh pita agar hasil sulaman tersebut bersih dan rapi Ada berbagai macam cara membuat tusuk untuk melakukansulaman pita/sulam pita, tetapi yang akan ditampilkan di sini hanya 6 macam tusuk.

Beberapa tusuk sulaman yang biasa digunakan pada sulaman benang juga dapat dipakai untuk sulaman pita seperti tusuk tangkai, tusuk rantai, tusuk jelujur dan lain- lain. Dengan menggunakan jenis dan ukuran pita yang berbeda, satu tusuk dalam sulam pita dapat menghasilkan beberapa macam jenis bunga. Dengan menambahkan payet, manik-manik dan beberapa macam tusuk sulaman dengan benang sulam seperti untuk tangkai, daun, benang sari dan sebagainya akan menghasilkan desain bunga yang berbeda dan lebih indah.



0 Response to "Tekhnik Sulam Kain Pengertian sulam Media dan bahan"

Post a Comment

Powered by Blogger.