LAPORAN PRAKTIKUM UJI ENZIM KATALASE Singkat

LAPORAN PRAKTIKUM UJI ENZIM KATALASE
LAPORAN PRAKTIKUM UJI ENZIM KATALASE Singkat

Acara Praktikum mengidentifikasi enzim katalase terhadap hati ayam.
1.       Tujuan:
Mengetahui cara kerja enzim katalase dalam menguraikan H2 dan O2.
2.       Dasar Teori:
Enzim katalase banyak terdapat didalam organ hati. Enzim tersebut berperan dalam mengubah hydrogen peroksida (H2O2) menjadi air (H2O) dan Oksigen (O2) dalam melakukan fungsinya kerja enzim katalase dipengaruhi berbagai factor diantaranya suhu, PH, Konsentrasi substrat, Kosentrasi enzim, oktivator dan inhibitor.
Enzim adalah protein katalitik dalam tubuh organisme, enzim berperan sebagai biokatalisator. Artinya enzim dapat mempercepat reaksi reaksi biologi. Menurut Cambell, reece dan Mitchell (2002) enzim akan mengarahkan aliran materi melalui jalur jalur metabolism dengan cara mempercepat setiap tahapan reaksi secara selektif. Dalamreaksi biologi enzim tidak ikut bereaksi sehingga tidak mempengaruhi keseimbangan reaksi atau mengubah produk. Enzim mempercepat suatu reaksi dengan cara menurunkan energy aktivasi (EA). Energi aktivasi adalah energy awal untuk memulai suatu reaksi, mula-mula enzim berikatan dengan substratnya membentuk komplek enzim substratnya . pada saat enzim dan substrat berikatan, kerja katalik enzim tersebut akan mengubah substrat menjadi produk.
Skema Kerja Enzim
 Substrat + Enzim -> Komplek Enzim Substrat -> Enzim + Produk.
3.       Alat atau Bahan
a.       Tabung Reaksi
b.      Rak Tabung Reaksi
c.       Lumpang mortar atau poslin
d.      Satu set alat penumbuk
e.      Gelas kimia
f.        Cawan petri
g.       Lidi
h.      Korek api
i.         Kapas
j.        Hati ayam segar
k.       Larutan H2O2
l.         Larutan HCL
m.    Larutan NaOH
n.      Aquades
4.       Cara Kerja atau Prosedur
a.       Potonglah hati ayam segar dengan ukuran 1x0,5x0,5cm. haluskan tiap-tiap potongan hati ayam dengan alat penumbuk dan tambahkan aquades hingga diperoleh larutan hati atau extra hati ayam.
b.      Siapkan tiga tabung reaksi dan berilah label A,B dan C.
c.       Masukkan 2ml larutan hati tiap-tiap tabung reaksi
d.      Tambahkan 2ml  H2O2 kedalam tiga tabung reaksi tersebut. Tutup tabung reaksi A dengan ibu jari. Tambahkan 10 tetes HCL kedalam tabungt reaksi B dan 10 tetes NaOH kedalam tabung reaksi C. segera tutup tabung reaksi menggunakan ibu jari (patikan tabung benar-benar tertutup rapat)
e.      Amati pembentukan gelembung pada tiap-tiap tabung reaksi tersebut.
f.        Bakarlah lidi hingga terbentuk bara api
g.       Sesudah bara api siap buka perlahan lahan tabung reaksi A dan letakkan bara api kedalam mulut tabung reaksi A. amati keadaan bara api pada tabungt reaksi A tersebut.
h.      Lakukan langkah F dan G pada tabung reaksi B dan C.
5.       Pengamatan
No
Tabung Reaksi
Keadaan Gelembung
Keadaan Bara Api
1
A
Terdapat Gelembung
Menyala
2
B
Terdapat Gelembung
Tidak Menyala
3
C
Tidak Bergelembung
Menyala

6.       Analisis Data
Ketika larutan hati tiap-tiap tabung reaksi  ditambahkan 2ml H2O2 dalam tiga tabung reaksi tersebut, tabung A netral, Tabung B ditambahkan 10 tetes HCL dan Tabung C ditambahkan 10 tetes NaOH. Semua tabung tersebut ditutup dengan ibu jari dan memastikan benar benar tertutup rapat. Amatilah pembentukkan gelembung pada tiap-tiap tabung reaksi. Sesudah itu pada saat pembakaran lidi dan meletakkan bara api kedalam mulut tabung masing masing ada perubahan menyala dan tidaknya bara api tersebut ketika menyala berarti mengandung O2 dan ketiga tabung tiap-tiap reaksinya ada yang berebeda. Dan jika bergelembung  berarti extra tersebut mengandung H2O.
7.       Kesimpulan

Enzim katalase merupakan senyawa hemoprotein yang terdiri atas empat gugus heme. Heme adalah suatu kovaktor yang terdiri atas ion besi (Fe) pada pusat cincin heterosiklik yang disebut porphyrin. Heme inilah yang memungkinkan katalase untuk bereaksi dengan senyawa peroksida. Aktifitas heme diketahui terdapat metokondria, peroksosom dan sitpplasma. Enzim katalase memliliki empat rantai polipeptida. Polipeptida adalah protein yang dihasilkan oleh asam nukleat. Aktifitas enzim katalase ini adalah kemampuan enzim untuk menggunakan satu molekul peroksida sebagai donor electron dan menjadikan satu molekul peroksida lainya sebagai penerima atau aseptor electron.

0 Response to "LAPORAN PRAKTIKUM UJI ENZIM KATALASE Singkat"

Post a Comment

Powered by Blogger.