KLIPING Konflik sosial dan integrasi social Singkat Lengkap





                    Konflik Sosial yang terjadi di Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2012
Konflik ini terjadi pada tanggal 27 Oktober 2012 hingga 29 Oktober 2012. Yang menjadi penyebab konflik adalah saat ada dua gadis yang berasal dari Desa Agom diganggu oleh sekelompok pemuda yang berasal dari desa Balinuraga. Kedua gadis ini sedang naik sepeda motor kemudian diganggu hingga kedua terjatuh dan mengalami luka-luka. Sontak kejadian ini memicu amarah dari warga desa Agom. Mereka kemudian mendatangi Desa Balinuraga yang mayoritas beretnis Bali dengan
membawa sajam dan senjata. Bentrok pun tak terhindarkan hingga menewaskan total 10 orang.


                    integrasi sosial dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi bentuk akhir daripada penjelasan ini. Contoh kasus ini misalnya saja ketika kita berada di dalam masyarakat yang berbeda kultur maka tak kayal setiap masyarakat akan melakukan penyesuaian tindakan yang sesuai dengan lingkungan.
Baik disadari ataupun tidak kejadian yang dilakukan oleh kita tersebut ialah menjadi bagian yang utuh daripada integrasi sosial. Oleh karenannya semua pihak yang ada di dalam masyarakat wajib melaukan integrasi dalam upaya mengindari konflik sosial yang terjadi.


Pemecahan Masalah

Ø  Konflik sosial
Konflik sosial yang berdampak besar pada masalah kemanusiaan menjadikan konflik sosial sebagai salah satu dari jenis-jenis pelanggaran HAM. Sebagai Negara yang kaya akan suku, agama dan budaya membuat Indonesia dikenal sebagai Negara demokrasi dengan tingkat toleransi yang tinggi. Namun, maraknya konflik sosial yang terjadi menunjukkan bahwa fungsi toleransi tidak berjalan dan ada yang salah dengan cara kita merawat kekayaan itu sebagai kekuatan.

Salah satu upaya mencegah terjadinya konflik sosial adalah dengan cara merawat kemajemukan bangsa Indonesia yang dimiliki melalui dibumikannya kembali 4 Pilar Bangsa Indonesia, yaitu :


                    Menjaga keutuhan NKRI
                    Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila;
                    Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasar pada UUD 1945; (baca : Manfaat UUD Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Warga Negara serta Bangsa dan Negara dan Peran Konstitusi dalam Negara Demokrasi)
                    Mempererat rasa persatuan sebagai bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika


Ø  integrasi social
upaya mencegah terjadinya integrasi social adalah
        Menjaga Keamanan dan Ketertiban Lingkungan
        Menjaga Persatuan dan Kesatuan baik dalam keluarga,masyarakat
        Menjaga dan Melestarikan Budaya Bangsa



0 Response to "KLIPING Konflik sosial dan integrasi social Singkat Lengkap"

Post a Comment

Powered by Blogger.